Shalat Seperti Nabi

Judul Buku      : “Shalat Seperti Nabi SAW” (Shahih Shifat Shalat an-Nabi)

Pengarang      : Hasan bin ‘Ali as-Saqqaf

Penerjemah     : Drs. Tarmana Ahmad Qosim

Kategori          : Fiqh

Penerbit           : Pustaka Hidayah

Tahun Terbit   : 2004

Edisi                : November 2004

Waktu baca     : 26 – 29 Juli 2007

Kesan              : Alhamdulillah, setelah mengetahui gerakan shalat beserta dalil-

dalilnya menjadikan saya semakin mantap dalam shalat. Sebelum saya

mengenaldalil-dalilnya mungkin saya hanya sekedar taqlid dalam

menjalankannya. Bahkan masih ada gerakan dalam shalat saya yang

belum sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Semoga buku ini bermanfaat

bagi umat islam untuk kembali mengikuti sunnah Rasulullah SAW

lewat shalatnya.

Resensi :

Shalat seperti Nabi SAW

(Shahih Shifat Shalat an-Nabi)

Ajaran Islam yang paling penting untuk dipelajari dan diajarkan kepada orang lain adalah shalat. Hal ini antara lain pernah ditegaskan oleh junjungan kita, Nabi Muhammad SAW dalam sebuah hadist sahih dan kuat, “Aku didatangi Jibril as pada awal-awal turunnya wahyu kepadaku. Dia mengajarkan kepada wudhu dan shalat.” Di sisi lain nabi pun pernah bersabda,”Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat shalatku.”

Dalam upaya mengikuti tuntunan Rasulullah saw itu, berbagai kitab dan ajaran bermunculan. Kemunculan berbagai pendapat yang beragam mengenai sifat shalat Nabi in telah banyak menimbulkan kebingungan di kalangan umat, bahkan percekcokan dan perpecahan. Perbedaan itu muncul sebenarnya hanya karena perbedaan pemilihan hadist dan riwayat. Buku ini berusaha menjelaskan sifat shalat junjungan kita, Muhammad SAW, seoptimal mungkin, menjelaskan setiap bagian shalat dari takbir hingga salam. Penjelasan tersebut dibuat secara rinci dan jelas dengan menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami. Setiap masalah dikupas dengan dalil-dalil yang lengkap, dengan menggunakan hadist-hadist yang shahih. Penulis memberikan komentar terhadap hadist-hadist lemah yang sering digunakan oleh sebagian orang untuk menguatkan pendapatnya. Disamping itu, ia juga menjelaskan kandungan fiqhiyah dari hadist-hadist sahih sebagai suatu kesimpulan hukum darinya.

Semua pertanyaan atas hukum dijelaskan dengan sejelas-jelasnya. Untuk menguatkan penjelasan tersebut, dikutip perkataan dan pendapat para ulama, baik mereka sebagai penghafal Al-Qur’an dan hadist maupun sebagai pakar hadist yang terkenal kemampuannya dalam mengambil kesimpulan hukum, dan yang temasyhur dalam hal ketelitiannya mengenai cacat-cacat hadist, mereka yang terbukti dapat membedakan hadist shahih dari hadist lemah.

Dengan semua cara itu, penulis mencari dalil yang paling kuat, sehinggal dengan rahmat Allah swt buku ini akan tampil sebagai buku yang paling istimewa di bidangnya. Buku ini melebihi buku-buku lain yang sejenis, bahkan menyingkup berbagai kesalahan dan kekeliruan kitab-kitab sebelumya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: