Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan

Judul Buku         : “Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan”

Pengarang         : Marwah Daud Ibrahim, Ph.D

Kategori            : Self Development

Penerbit            : MHMMD Production

Tahun Terbit      : 2003

Edisi                 : Juli 2005

Waktu baca       : 24 Juni – 1 Juli 2007

Kesan               : Saya yakin Insya Allah Indonesia akan menjadi negara adidaya

                         jika setiap orang mau membaca dan mengimplementasikan

                         ilmu dari buku ini

 Resensi            :

           “Sukses Bangsa adalah Akumulasi Sukses Individu”, demikianlah capaian yang diusung dalam buku Mengelola Hidup dan Merencanakan Masa Depan. Bangsa merupakan sebuah sistem yang di dalamnya terdapat rakyat (individu-individu). Karakter dan kemampuan individu-individu inilah yang menentukan  karakter suatu bangsa. Jika karakter dan kemampuannya rendah, maka rendah pulalah karakter dan kemampuan bangsa tersebut. Sebaliknya jika karakter dan kemampuannya tinggi, maka bangsa tersebut dipastikan mampu menjadi bangsa yang besar, unggul, dan maju. Untuk mencapainya diperlukan individu-individu yang mampu mengoptimalkan segala potensi yang ada baik itu potensi diri maupun lingkungan.

              Buku ini membahas bagaimana proses individu untuk bisa mencapai suksesnya, yang kemudian dengan suksesnya tersebut dia mampu bermanfaat bagi diri, lingkungan, dan bangsa yang pada akhirnya jika sukses itu terakumulasi akan menghasilkan bangsa yang besar. Proses tersebut meliputi 7 bagian.

Bagian 1  adalah pemahaman akan arti penting dan aplikasi basic skill life MHMMD. Basic skill life MHMMD merupakan basic skill life yang berperan untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang Maju, Berpengaruh dan Memimpin. Melalui basic skill life ini, dapat dibangun jaringan fungsional antarsektor dan wilayah serta perubahan pola pikir/mindset dari berpikir negatif menjadi berpikir positif, berpikir jangka pendek menjadi berpikir jangka panjang, bekerja sendiri menjadi bekerja dalam team, problem maker manjadi problem solver, sentralistis menjadi otonom, tergantung menjadi mandiri, elitis menjadi egaliter, pretise menjadi prestasi, asal-asalan menjadi yang terbaik, nepotisme menjadi meritokrasi, hierarkis menjadi hiterkhis, dan sloganistis-protokoler menjadi pengalaman substansial. Basic skill life MHMMD sendiri bisa diterapkan di semua aspek kehidupan.

              Bagian 2 yaitu Pengenalan diri. Pengenalan diri ini meliputi napak tilas masa lalu : Dari manakah saya? Mengetahui posisi sekarang : Siapakah saya? Dan merencanakan masa depan : Akan ke Manakah saya ? Pengenalan diri ini juga terkait dengan amanah yang diemban oleh setiap insan yaitu beribadah kepada Allah SWT dan memakmurkan bumi.

              Bagian 3 yaitu pencarian peluang yang meliputi peluang profesi dan peluang lokasi/wilayah. Dengan memetakan peluang yang ada, setiap individu bisa bermanfaat di manapun dia berada. Apalagi Idonesia adalah negara yang sangat luas dengan beraneka ragam potensi alam yang ada. Sedangkan potensi alam yang ada tersebut masih sangat banyak yang belum dimanfaatkan. Bila setiap individu mau untuk memanfaatkan alam ini, bukan tidak mungkin angkatan kerja yang sibuk mencari lowongan kerja bisa diminimalisasi.

              Bagian 4 meliputi penetapan tujuan, rencana, dan proses pencapaian. Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melalui jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan, tidak akan membuat kemajuan walaupun di jalan yang mulus (Thomas Carlyle). Tujuan di sini haruslah spesifik dan dalam pencapaiannya kita harus benar-benar fokus pada tujuan tersebut. Setelah menetapkan tujuan tersebut dibuatlah semacam uraian proses untuk mencapainya mulai dari awal sampai akhir dan juga bagaimana langkah untuk mencapainya.

              Bagian 5 meliputi Penyusunan peta hidup dan pengelolaan waktu. Peta hidup di sini bisa berupa rencana lima tahun, setahun, sebulan, seminggu, dan sehari. Dengan adanya pengelolaan waktu, maka waktu-waktu yang dijalani akan efektif dan tidak terbuang percuma.

              Bagian 6 meliputi Perluasan wawasan dari pikiran dan pengalaman orang lain. Prinsip untuk mencapai sukses dari orang-orang yang telah merasakan sebelumnya adalah kerja keras dan yakin dengan apa yang dikejarnya. Untuk memperkuat keyakinan dan wawasan guna mencapai kesuksesan tersebut, bisa dipelajari dari tokoh-tokoh yang telah mengalami kesuksesan lebih dulu dibanding kita sehingga bisa mengetahui prinsip hidup dan kiat-kiat mereka. Tokoh yang diambil adalah Margaret Hilda Thatcher (Mantan Perdana Menteri Wanita Inggris), Bunda Teresa, BJ Habibie, dan H. Aksa Mahmud.

              Bagian 7 meliputi penutup, bahwasanya keterampilan hidup dan merencanakan masa depan ini barulah awal, manfaatnya sendiri sangat bergantung bagaimana kita secara disiplin menjalankannya dalam hidup kita.

Kata-kata mutiara :

  • The worth of a state, in the long run is the worth of individuals composing it (John Stuart Mill)

  • If you fail to plan, you’re planning fail.

  • Tidak ada sesuatu yang lebih luar biasa yang pernah dicapai kecuali oleh mereka yang berani percaya bahwa sesuatu DI DALAM diri mereka lebih hebat dibanding lingkungannya. (Bruce Barton)

  • Tidak ada karya besar yang dapat dicapai tanpa orang besar, dan orang menjadi besar hanyalah jika ia berketetapan untuk itu. (Charles de Gaulle)

  • Tidak ada yang terjadi kecuali pada awalnya adalah mimpi

  • Dia-lah yang menjadikan Bumi mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan melangkah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (setelah itu) dibangkitkan (QS Al-Mulk : 15)

  • Apabila anda tidak mengatur kehidupan anda sendiri, orang lain-lah yang akan mengaturnya. (John Atkinson)

  • Perjalanan seribu langkah dimulai dengan langkah pertama. (Pepatah cina)

  • Saya bisa belajar bahkan dari bayi yang masih menyusu dari ibunya. (Mahatma Gandhi)

  • Jangan pernah peduli pada apa yang orang lain katakan sepanjang anda yakin anda benar. (Roosevelt)

13 Tanggapan

  1. Saatnya meninggalkan medan kata-kata menuju medan amal yang nyata. Allahu akbar!!!

  2. sekali-kali kita perlu undang pembicaranya akh..

    kita buat seminar dan training nya..

  3. Ass,wr,wb.Merencanakan masa depan memang sudah seharusnya.Tapi mengapa disaat qt mulai membwt planning,suka brhdpan dgn berbg hambatan untk mlksnknx.Ad yg bs ksh solusi?Syukron.

    • memang tuk merencanakan sesuatu kita harap kan sukar tuk menentukannya, hal ini berhubungan dengan rasa keyakinan kita yang kurang terhadap potensi kita sendri dan kekuasaan Tuhan…
      yakinilah apa yang kita harapkan dan percaya lah pasti akan bisa di capai

  4. antum punya bukunya ngga?

  5. Maaf mw Tanya bgmn saya bias mendapatkan buku tersebut? Apakah di took buku mana aja sudah bias idaptkan?? Ohon bantuannya. Syukron katsir

  6. Coba dicari di Gramedia2 karena saya pernah melihatnya di Gramedia Bandung

  7. @ kharima
    terima kasih banyak atas kunjungannya

  8. Assalamu’alaikum Wr.Wb,
    Saya ramdan mahasiswa IPB angkatan 45, kebetulan saya menjadi kepala departemen PSDM dalam kepengurusan BEM TPB angkatan 45, saya mempunyai program kerja untuk meningkatkan skill teman-teman di TPB. Nama progkernya “School for Rise Our Skill”. Saya ingin lengsung mengundang Pak Marwah untuk acara bedah buku tersebut yang Insya Allah akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 11 April nanti. Informasi dan tanggapan dari Bapak akan saya tunggu lewat alamat email saya, harapan saya bersama para panitia Bapak bisa berpartisipasi dalam acara terebut. Syukron sebelumnya.
    Wassalamu’alikum Wr. Wb

  9. gan nyari bukunya dmn ya? gramed ga nemu neh
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8199765
    mohon bantuannya klo ada yg mau menghibahkan atau jual bekas murah bukunya he he

  10. @ Tri AGung Pambudi
    setahu saya itu satu paket dengan pelatihan MHMMD yang diselenggarakan bu Marwah Daud.
    makasih

  11. Saya mau tanya, bisa mendapatkan buku itu dimana ya ?
    Karena saya cari terus, namun sampai sekarang belum juga dapat.
    Terima kasih.

  12. kak, buku “mhmmd”nya karya bunda daud marwah dapat di pesan atau di beli dmana ya boleh konfirmasi gax…. ana belum punya,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: